Alasan Memilih Vario 110 FI ESP

Tahun 2008 silam saat baru lulus SMA dibelikan motor Supra X 125 oleh Bapak untuk keperluan kuliah, padahal saat itu pengin banget beli motor matic namun dengan alasan boros BBM maka dibelikannya motor bebek. Sebelas tahun berlalu, dengan beberapa alasan maka motor tersebut terpaksa dijual walaupun kondisinya masih nyaman banget ditunggangi. Pada bulan Agustus 2019 saya memutuskan membeli motor Vario 110 sebagai sahabat baru mengarungi kerasnya aspal kehidupan, ada beberapa alasan kenapa saya memilih motor ini :

  1. Model
    Setelah motor supra laku terjual saya mulai berfikir akan membeli motor apa, tentunya disesuaikan dengan anggaran yang sudah saya siapkan. Saya sudah menyiapkan dana kurang lebih 20 juta untuk membeli motor matic secara tunai, ketika sampe dealer Honda saya mulai memetakan motor apa yang bisa dibeli dengan dana segitu. Ada 3 tipe yang bisa diboyong dengan dana segitu yaitu Vario 110 ESP, Beat, dan Genio. Jujur saja saya kurang sreg dengan model motor mirip Vespa seperti yang direpresentasikan Scoopy dan Genio, oleh karena itu saya mencoret keduanya dari daftar pembelian. Pilihan mengerucut pada Vario 110 dan Beat, namun dengan pertimbangan fitur lampu LED dan keindahan bentuk maka saya memilih Vario 110 FI ESP.
  2. Dimensi
    Ibu saya pernah mengusulkan membeli motor matic kekinian seperti Nmax, PCX, Vario 150, dengan janji akan memberi tambahan dana agar bisa memboyongnya. Jujur saja aku kurang tertarik membeli motor matic dengan body gambot seperti Nmax dan PCX. Rumahku berada di dalam gang dan tidak mempunyai garasi, motorku klo malem masuk ke dapur, itu jadi salah satu pertimbangan gak minat beli motor body gambot karena akan memakan ruang dapur dimana gak cuma motorku saja yang ada di rumah. Postur tubuhku yang hanya 160 cm juga menjadi pertimbangan selanjutnya enggan memilih motor gambot, gak nyaman saat mengemudi dan menjadi penumpang. Vario 110 ini jadi motor yang dimensinya pas dengan kondisi rumah dan postur tubuhku.
  3. Melestarikan Legenda
    Vario 110 merupakan skuter matic legendaris produksi Honda yang telah berkiprah selama 13 tahun sejak pertama kali diproduksi tahun 2006. Saat berkunjung ke dealer Honda, saya mendapat informasi bahwa Vario 110 akan stop produksi, dealer saat ini hanya menghabiskan stok yang tersisa saja. Entah kenapa saat mendengar info tersebut saya justru tertarik untuk meminangnya, rasanya tidak ingin melewatkan kesempatan menjadi keluarga besar matic legendaris milik pabrikan otomotif berlogo sayap ini. Pembelian unit ini seperti ajang balas dendam karena dulu tidak boleh membeli motor matic, sekedar info saja line up matic kelas 110cc milik Honda saat ini diisi oleh Beat, Scoopy, dan Genio, sedangkan merk Vario akan bermain di segmen matic 125cc dan 150cc. Jadi motor saya merupakan generasi terakhir Vario 110, sekaligus saya telah membantu dealer menghabiskan unit sisa sebelum awal tahun 2020 heuheu….

Diterbitkan oleh imambepe

nanti aja dibicarakan lebih lanjut saat bertemu langsung

Tinggalkan komentar